Cegah Covid-19 Meluas, Pemerintah Kampung Tanjung Kemala Lakukan Penyemprotan Desinfektan

0
72

Cegah Covid-19 Meluas, Pemerintah Kampung Tanjung Kemala Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Edison, Kepala Kampung Tanjung Kemala

linetvnews : Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kampung Tanjung Kemala Kecamatan Pubian. Lampung Tengah, Pemerintah Kampung Tanjung Kemala melaksanakan Penyemprotan desinfektan di Wilayah Kampung Tanjung Kemala, Sabtu (10/07/2021). Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Kepala Kampung Tanjung Kemala (Edison).

Persiapan Penyemprotan Desinfektan

Penyemprotan tersebut dilakukan guna mencegah berkembangnya Pandemi Virus Corona Covid-19 yang merebak dipenjuru dunia. Sasarannya adalah tempat ibadah seperti Masjid, tempat keramaian dan Seluruh Rumah Warga.

Penyemprotan Dihalaman Rumah Warga
Penyemprotan Di Halaman Masjid

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga, semaksimal dan sebisa mungkin pihaknya akan terus mentaati peraturan serta himbauan pemerintah baik pusat maupun daerah. Ujar Edison Kepala Kampung Tanjung Kemala.

“Saya menghimbau kepada warga apabila ada tetangganya yang bari datang baik dari dalam maupun luar negeri ataupun red zone ( zona merah pandemi covid-19 seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah) diwajibkan melaporkan ke petugas Kesehatan Kampung atau Aparat Kampung, serta diwajibkan mengisolasi diri selama 14 hari demi kebaikan bersama,” Himbaunya

Selain itu dari aparat dan Ketua RT juga harus sering mendata seluruh wargnya, khususnya yang baru datang dari wilayah zona merah agar supaya melaksanakan isolasi dini dengan cara isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing atau bisa juga di tempat yang sudah di sediakan oleh pihak desa, pihak kecamatan maupun pihak pemerintah kabupaten.

Dalam rangka isolasi mandiri masyarakat harus mengikuti prosedur kesehatan yaitu :

  1. Sebelum masuk rumah, orang yang bersangkutan harus di sterilkan terlebih dahulu dengan penyemprotan desinfektan.
  2. Selanjutnya orang yang bersangkutan harus mandi dengan air hangat,
  3. Selama isolasi mandiri 14 hari, orang yang bersangkutan harus berada di dalam kamar serta kamarnya harus memiliki ventilasi yang cukup,
  4. Memakai masker 24 jam,
  5. Apabila ingin berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain harus menjaga jarak paling tidak berjarak 2 meter,
  6. Alat-alat makan atau lain-lain harus di sendirikan,
  7. Dan pakaian harus di cuci secara terpisah dengan anggota keluarga yg lain.

Dan untuk kebaikan bersama, saya berharap kerjasama dari semua warga Desa dalam menangani pencegahan COVID-19 ini, antara lain segera memeriksakan diri ke Bidan atau Rumah sakit terdekat jika mengalami gejala seperti batuk, flu, demam ataupun sesak nafas. Dan semoga Desa kita tercinta ini terhindar dari Virus COVID-19 tersebut” Jelas Edison

Hingga saat ini, terdapat 5 orang warga Kampung Tanjung Kemala yang terkonfirmasi covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri. Sedangkan, dua orang dinyatakan meninggal dunia.

“Semoga angka ini terus menurun ya dan tidak ada lagi korban meninggal dunia. Dan masyarakat juga melakukan antisipasi dengan protokol kesehatan,” Harap Edison, Kepala Kampung Tanjung Kemala. (raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here