Sudah 9 Bulan Dana Tapsil Guru Non Sertifikasi di Lamtim Belum Cair

0
15

LAMPUNG TIMUR, LINE TV NEWS – Sebanyak 556 Guru non sertifikasi di Kabupaten Lampung Timur belum menerima Dana Tambahan Penghasilan (Tapsil) mulai bulan Januari sampai September tahun 2021 ini.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamtim Gunadi mengatakan, “Terkait keterlambatan pembayaran Tambahan Penghasilan (Tapsil) bagi PNS Guru (Non Sertifikasi) pada tahun 2021 memang benar.
Untuk tahun 2021 ini ada sebanyak 556 orang guru non sertifikasi yang mendapat Tapsil sebesar Rp.250 ribu/bulan”.

“Keterlambatan pembayaran dana Tapsil ini disebabkan adanya pengurangan transferan anggaran dari pemerintah pusat pada tahun 2020 lalu.
Pada tahun 2020 lalu ada pengurangan transferan dana dari pusat sebanyak dua bulan, pengurangan dana itu disebabkan refocusing yang dilakukan oleh pemerintah pusat.
Kekurangan transferan dana tambahan penghasilan tersebut baru dapat dibayar di tahun 2021 ini melalui dana transferan triwulan pertama dan kedua tahun 2021. Sesuai anjuran kementrian, pencairan dana triwulan pertama dan kedua tahun 2021, kita lakukan untuk pembayaran kekurangan yang dua bulan pada tahun 2020, dan itu sudah kita bayarkan” tambahnya.

“Karena transferan dana tambahan penghasilan untuk Guru Non Sertifikasi untuk triwulan I dan II tahun 2021 telah dipakai sebagian untuk pembayaran kekurangan tahun lalu, maka kami buat surat ke Kementrian untuk tambahan dana pembayaran Tapsil Guru Non Sertifikasi tersebut” ungkapnya pada Selasa (28/09/2021).

Masih dikatakan Gunadi, “Jadi kalau ada keterlambatan pembayaran
Tapsil bagi guru non sertifikasi tersebut tidak lain karena disebabkan oleh adanya kekurangan pembayaran pada tahun 2020 tersebut. Akibatnya, administrasi seperti DPA yang ada sekarang ini harus dilakukan perubahan kembali agar sesuai pengunaannya” katanya.

“Tapi kami perlu meyakinkan bahwa dana Tapsil untuk guru non sertifikasi tahun 2021 ini akan terbayarkan semuanya. Kami meminta agar semua pihak penerima dapat bersabar, dan saat ini kami sedang melakukan proses pengajuan surat penyediaan dana untuk melakukan pembayaran Tapsil Triwulan Pertama. Dan mudah-mudahan pada pertengahan bulan Oktober nanti sudah dapat terbayarkan juga yang Triwulan ke Dua” pungkasnya.

(Irwan wahyudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here