20 Persen Meningkat, Faktor Ekonomilah Yang Mendasari Perceraian

0
6

Lampungtengah–Dari Bulan Januari hingga September Tahun 2019 ini janda di Lampung Tengah semakin meninggkat, Karena faktor ekonomi dan perselingkuhan.

Angka perceraian dari persentasi, Tahun ini Lampung Tengah naik kisaran 20 persen lebih.

Menurut keterangan Hakim Pengadilan Agama Lamteng Uswatun Hasanah mengatakan, Perselisihan dan pertengkaran adalah faktor penyebab perceraian serta yang mendasari adalah ekonomi.

“Tahun ini cukup meningkat perceraian di Lampung Tengah, mencapai 20 persen lebih, ” terangnya.

Dari Bulan Januari hingga September Pengadilan Agama Kabupaten Lampung Tengah telah menanangi total 1671 kasus perceraian.

“Total 1671 kasus, Dengan tunggakan 124 perkara, telah diputus sampai hari ini 1491 perkara, “ucap Uswatun saat di temui diruangan pengadilan setempat.

Lanjut Uswatun, Tersisa tunggakan perkara minutasi 304, ini perkara selama september 2019, cerai talak (CT) 387 kasus, Cerai gugat (CG) 1159 kasus.

“Untuk di Lampung sendiri, Angka percerain terbanyak terdapat di Lampung Tengah Lampung Timur. Dan Pasutri muda lah yang lebih mendominasi, Rata-rata masa pernikahan di bawah umur 10 tahun,”jelasnya.

Dalam setiap perkara pihak pengadilan selalu membuka ruang untuk mediasi.
Pengadilan Agama tidak punya wewenang untuk mensosialisakan.

“BP4K itu, dan itu sebenarnya tugas KUA. Karena mereka yang sudah mempunyai jadwal untuk mensosialisasikan itu, karena seharusnya prosedur yang sebenarnya pasutri ingin bercerai tidak langsung menuju ke pengadilan agama namun harus ke lembaga PB4K KUA,”tutup Uswatun.(red)