Waduh, K3S Dua Kecamatan Dilaporkan LSM Ke Kejari Lamteng! 

0
69

Waduh, K3S Dua Kecamatan Dilaporkan LSM Ke Kejari Lamteng!

 

linetvnews:Soroti aksi pungli dilingkungan Dunia Pendidikan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Penggerak Anak Bangsa, laporkan dugaan aksi pungutan liar (Pungli) ke Kejaksaan Negeri Lampung Tengah (Lamteng), Senin (12/07).

 

Sofyan, Ketua LSM LPAB Lamteng mengatakan, aksi pungli tersebut terjadi di kecamatan wilayah bagian barat Lamteng.

 

“Hari ini kita menyampikan laporan hasil temuan kita yaitu aksi pungli yang dilakukan oleh K3S Sekolah Dasar (SD) ,” kata Sofyan.

 

Sofyan menjeleskan, K3S sendiri merupakan kelompok kerja seluruh Kepala Sekolah yang ada disetiap Kecamatan.

 

“Pungli ini diduga kuat dilakukan oleh ketua K3S tersebut, karena jika kita katakan gratifikasi tidak undang-undang yang menyebutkan bahwa adanya pungutan sebesar Rp.5000 (Lima Ribu Rupiah) kepada seluruh siswa,” bebernya.

 

Menurut Ketua LSM LPAB Lamteng itu, aksi pungli yang terjadi dirasa sudah terstruktur dan masif. “Ini bisa saya katakan terstruktur dan masif, mengapa? karena uang hasil pungli tersebut sudah ada alurnya, mulai dari pengumpulannya kebendahara K3S sampai disetorkan ke Ketua K3S,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya juga, Pungutan sebesar Rp.5000 tersebut bersumber dari anggaran Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang seharusnya mutlak milik siswa tanpa ada pemotongan atau pungutan apapun.

 

Sampai hari ini, LSM LPAB Lamteng telah melaporkan ke Kejaksaan Negeri Lamteng sebanyak 2 Kecamatan yang terindikasi telah melakukan aksi Pungli tersebut dan segeran disusul kecamatan lainnya.

 

“2 Kecamatan yang kita sampaikan laporannya ke Kejaksaan, masih ada 25 kecamatan lagi yang juga terindikasi dan segera kita susul,” kata Sofyan.

 

Ketua LSM LPAB Lamteng itu berharap dengan adanya laporan ini para penegak hukum bisa segera memproses dan menyelidiki dugaan aksi pungli yang dirasa sangat merugikan masyarakat. ( Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here