Bripka. Leo Nardo berhasil membuat tabung oksigen darurat menggunakan aerator aquarium

0
84

Lampung Tengah – Seorang Polisi di Kabupaten Lampung Tengah berhasil membuat tabung Osigen darurat dengan hanya memanfaatkan peralatan Aquarium dan botol bekas air mineral yang harganya sangat terjangkau dan mudah di dapatkan.

Dia adalah Bripka. Leo Nardo yang keseharianya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Mapolsek Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Leo (panggilan akrabnya) saat di temui di kediamanya yang berada di Kampung Suka Negara Kecamatan Bangun Rejo Kabupaten setempat (15/7/21). Temuanya tersebut terinspirasi saat dirinya memperhatikan cara kerja mesin Aquarium yang menghasilkan gelembung udara dirumahnya, dan teringat akan kebutuhan tabung oksigen yang saat ini terbatas.

“Awalnya saya lihat cara kerja mesin Aquarium dirumah, seketika itu juga terpintas di benak saya gelembung udara itu menghasilkan oksigen” terang nya. Tanpa membuang waktu Saat itu dirinya langsung mencari peralatan tersebut di toko sekitar tempat tinggal dan merakitnya sendiri dirumah.

“Dan setelah selesai saya rakit ternyata benar udara yang dihasilkan dari gelembung tersebut dapat kita rasakan”.ujarnya.  leo juga menambah kan Meski tak se efektif tabung oksigen milik tenaga kesehatan namun setidaknya temuanya tersebut dapat sedikit membantu bagi yang membutuhkan dan dalam keadaan darurat sembari menunggu penangan medis.

Adapun alat yang diperlukan dalam pembuatan tabung oksigen tersebut ialah mesin penggerak udara Aquarium, Selang transfaran, Penyambung selang, Botol air mineral yang telah dilobangi dua lobang bagian tutupnya, dimana dua lobang tersebut akan berfungsi sebagai tempat udara masuk melalui selang yang telah disiapkan, sedang kan lobang yang satunya untuk udara keluar yang di hasilkan oleh gelembung udara dan yang terahir ialah tenaga listrik.

Proses perakitanya sendiri tak jauh berbeda dengan cara pemasangan untuk Aquarium, Cuma yang berbeda dengan aquarium ialah air nya yang berada di dalam botol air mineral yang telah di modifikasi.

“Kalo ada warga yang ingin memiliki atau mau belajar mengenai tabung oksigen darurat tersebut bisa langsung menghubungi saya di Polsek Bangun Rejo” Tegasnya.

Dengan temuanya tersebut Leo berharap dapat sedikit membantu masyarakat yang berada di wilayah hukum Mapolsek Bangun Rejo dan Masyarakat Kabupaten Lampung Tengah (rj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here