Kalahkan Said Aqil Sirad, Gus Yahya Terpilih Sebagai Ketum PBNU

0
78

 

Bandar Lampung — Yahya Choli Staquf alias Gus Yahya akhirnya resmi terpilih sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026. Keputusan itu usai dilakukan sidang pleno V sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (24/12).

Gus Yahya bersaing dengan Kyai Said Aqil Siradj memasuki sidang pleno V Muktamar NU 34 di Lampung. Sebelumnya keduanya meraih suara terbanyak dalam pemilihan yang dilakukan secara voting.

Para muktamirin memilih bakal calon yang diusung, akhirnya Gus Yahya meraih suara terbanyak yakni 327 suara. Sedangkan Said Aqil Siradj petahanan Ketum PBNU di posisi kedua dengan 203 suara.

Pimpinan sidang Muhammad Nuh kemudian berdiskusi dengan Rais Aam yang baru saja terpilih Miftachul Akhyar. Jika direstui, maka kedua calon akan diajak untuk berdiskusi untuk musyawarah mufakat menentukan Ketua PBNU di antara mereka.
Kata mufakat tak juga tercapai, maka mekanisme pemilihan akan kembali menggunakan pemungutan suara dengan dua nama calon.

Selanjutnya baru dua calon yang memenuhi syarat suara pencalonan diajukan pada Pemilihan Ketua Umum PBNU dengan mekanisme yang sama yaitu pemilihan langsung.

Pukul 10: WIB, perhitungan suara hasil Pemilihan Ketua Umum PBNU mencatat perolehan suara, Yahya Cholil Staquf mendalatkan suaea terbanyak. Sehingga resmi akan memimpin PBNU periode 2021-2026.(Azhari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here