Pemkab Lampung Tengah Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2019

0
169

Lampung Tengah – Plt. Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto   mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di pemkab setempat agar pengajuan anggaran harus disesuaikan dengan program prioritas.

Hal ini diungkapkannya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah, dalam Rangka Penyusunan RKPD  2019 . yang mengangkat tema ” Meningkatkan Pembangunan Daerah dan menjaga Ketentraman serta ketertiban Guna pertumbuhan Perekonomian Yang Berkualitas”bertempat di gedung Sesat Agung Nuwo Balak, (15/3/18). 

”Jangan sampai Rancangan anggaran yang ada jadi mubazir dan tidak tepat sasaran dan semua anggaran harus terserap dengan baik dan sesuai dengan alokasinya. Peningkatan kualitas pembangunan menjadi prioritas utama yang didorong dalam penyusunan program pembangunan tahun 2019”,ujar Loekman Djoyosoemarto. 

Selain itu Loekman berharap program tahun depan juga harus tepat dalam melakukan pembangunan dan penggunaan anggaran.Karena pihaknya ingin program-program yang baik berjalan dengan semestinya.

Loekman kembali menjelaskan dalam program ini jangan sampai mementingkan golongan atau kedekatan dengan pimpinan, namun lebih pada skala prioritas yang di inginkan masyarakat luas,dan tidak inginkan perencanaan bersifat dadakan semuanya harus dengan perencanaan yang matang. 

”Kita meminta pada para wakil rakyat agar bermitra secara positif bersama sama mengakomodir ke pentingan rakyat, saya tidak menginginkan ini terpetak petak,dan bersama sama dengan pemerintah Daerah dalam membangun Lampung Tengah dan jangan ada lagi usulan dadakan yang membawa kepentingan pribadi atau juga golongan, kita harus melihat aspirasi dari masyarakat dan menjadi skala prioritas yang harus di susun dengan matang”, tegasnya. 

Sementara itu kepala Bapeda, Dulhak, menjelaskan perencanaan Musrenbang tahun 2019 ini masih  mengutamakan Infraktruktur, pendidikan, kesehatan, selain itu ada juga program lainya. 

”Sasaran yang akan kita capai adalah Program prioritas pembangunan, 
Pengurangan kesejangan antar wilayah melalui penguatan infraktruktur 
Pembangunan manusia melalui peningkatan pelayanan dasar,Pematapan ketahananan pangan, melalui pertanian, industri, koperasi UMKM, dan perdagangan , pemantapan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, peningkatan tata kelola pemerintahan dan Peningkatan SDM. 

Menurut Dulhak, tahun lalu banyak program dari Camat yang tak terealisasi padahal itu ajuan dari bawah, kali ini pihaknya akan lebih utama mendengarkan dibawah dan pemerintah daerah akan menampungnya selanjutnya  akan di kaji bersama sehingga mana yang prioritas dan tidak bisa di ketahui.”Hebatnya program dan perencanaan tanpa di iringi Sumber Daya Manusia yang baik tentunya akan sia sia,”ungkapnya 

Sementara Perwakilan Gubernur Lampung yang di wakili Asisten dua Taufik hidayat, Dalam sambutannya  menyampaikan bahwa pembangunan Propinsi Lampung saat ini tengah mengalami progres yang sangat signifikan untuk kesejahteraan Masyarakat dan kemajuan daerah. 
Adapun kabupaten dan propinsi bisa sinergi dalam perencanan sehingga apa yang diharapkan pemerintah bisa tercapai.

”Seperti Pembanguan infraktruktur, pertanian, kita selalu melihat skala prioritas seperti di Lampung Tengah  pembangunan jalan, propinsi sangat baik sekali dan dampaknya dapat di rasakan oleh kabupaten sehingga ekonomi akan lebih baik,dan pemerintah propinsi berharap Rancangan Musrenbang tahun 2019  Kabupaten Lampung Tengah lebih baik dan singkron dengan propinsi”beber Taufik .

Sementara ketua Dprd Lampung Tengah, Ahmad Junaidi   Sunardi, mengatakan bahwa pihaknya akan mengakomodir yang menjadi prioritas dari pemerintah Daerah dan berharap Musrenbang tersebut menghasilkan Perencanaan yang pro kepada rakyat.

”Sebagai pimpinan kita akan akomodir apa yang di inginkan pemerintah daerah, karena kita adalah wakil Rakyat, kita wajib meneruskan aspirasi Rakyat yang nantinya akan di kaji oleh pemerintah daerah. Insyaalah Musrenbang Rancangan tahun 2019 bisa menghasilkan program yang pro Rakyat”, pungkas nya.(*)