Seluruh Parpol Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual

0
92

SORONG – wartaekspres.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong, Kamis (8/2) malam telah mengumumkan Hasil Verifikasi Faktual 16 partai politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 dan seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat (MS). Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Sorong, Aser Rumanasen, S.Sos saat ditemui media ini seusai pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 tingkat Kota Sorong.
Dikatakan Aser, sesuai Peraturan KPU tentang jadwal dan program, maka KPU wajib untuk mengumumkan hasil veriikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Sorong sejak tanggal 30 Januari hingga 1 Pebruari 2018 kepada seluruh parpol calon peserta Pemilu tahun 2019.
Adapun yang diverifikasi adalah Kepengurusan, Keanggotaan, Keterwakilan 30 persen perempuan, dan alamat sekretariat parpol, dan semua sudah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan malam ini KPU Kota Sorong mengumumkan hasil verifikasi tersebut.
“KPU Kota Sorong sudah melaksanakan verifikasi faktual kepada 12 parpol yang lama dan 4 parpol yang baru sesuai dengan jadwal dan tahapan. Dalam kegiatan ini KPU didampingi oleh Panwas Kota Sorong hingga hari terakhir,” ujar Aser.
Sementara Ketua Panwas Kota Sorong, James Kastanya mengatakan, sejak pelaksanaan kegiatan verifikasi Panwas selalu mendampingi Komisioner KPU dalam melakukan verifikasi pada kesekretaritan parpol dan berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal tahapan.
“Kami selalu mengikuti setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU Kota Sorong termasuk tahapan verifikasi faktual dari hari pertama hingga diumumkannya hasil verifikasi,” terang James.
Lanjut James, dalam verifikasi pada hari pertama masih ada kekurangan namun pada hari kedua semua parpol yang mengalami kekurangan semua sudah diperbaiki dan lengkap dan semua telah diteliti dengan cermat oleh KPU Kota Sorong sesuai ketentuan yang berlaku yang akhirnya semua parpol dinyatakan memenuhi syarat.
“Semua parpol dinyatakan lengkap syarat administrasinya sehingga memenuhi syarat,” tutup James. (SON)
The post Seluruh Parpol Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual appeared first on Warta Ekspres.
Source: New feed