Tanggulangi Penyalahgunaan Narkoba, BNK Lamteng Beri Penyuluhan Di Tingkat Pelajar

0
125

Lampungtengah–Ratusan Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah, mengikuti sosialisasi penyuluhan tentang bahaya narkoba di aula sekolah setempat, Selasa (19/11/19).

Selain siswa-siswi SMA N 1 Kota Gajah hadir pula Camat kota gajah, Sahreza Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kabid SDK dinas kesehatan Dian Yamanti, KBO Satresnarkoba Ipda Iskandar, Waka Kesiswaan SMA N 1 Kota Gajah Surya Damayanti dan seluruh jajadan Badan Narkotika Lampung Tengah.

Selaku tuan rumah ynag berketempatan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sangat menyambut baik adanya kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkoba, terutama dikalangan sekolah khususnya di SMAN 1 Kota Gajah.

“Saya mewakili Kepala sekolah bapak Dasio Priambodo, Semoga sosialisasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih banyak karena ini sangat mendukung siswa-siswa. Harapan kami, jangan sampai menyentuh yang namanya narkoba. Tolong ikuti kegiatan ini dengan baik. Ikuti apa yang di sampaikan oleh Bupati Lampung tengah tentang bahaya narkoba yang bisa merusak generasi bangsa,”terang Surya.

Bustami Panitia Penyelenggara Kegiatan sosialisasi BNK Lamteng mengatakan kegiatan penanggulangan dampak narkoba siswa-siswi SMA N 1 se Lampung Tangah. Semua harus terlibat, lingkungan, tokoh adat, pemerintah dalam penanggulangan terhadap krisis narkoba untuk Lamteng.

“Kami sesuai komitmen Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, Satu langkah, Satu niat, Satu suara, Satu tujuan. Yang dikemas dalam program gotong royong. Tujuannya kegiatan ini adalah, mengantisipasi terjadi korban lebih banyak oleh narkoba,”Kata Bustami.

Penyuluhan narkoba ini melingkupi tentang bahaya dan dampak Narkoba, serta jenis narkoba yang banyak beredar di kalangan masyarakat,” Ini kan ada pemaparan dan penjelasan dari Dians Kesehatan dan pihak kepolisian tentang bahaya narkoba dan dampak hukum bagi pengguna maupun pengedar narkoba. Jadi harapan saya adik-adik kita SMA N 1 Kota Gajah bisa menyerap Semoga sosialisasi penyuluhan ini bisa bermanfaat,”tandas Bustami.

Mewakili Bupati Lampung Tengah Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sahreza menyampaikan pesan Loekman Djoyosoemarto terkait kegiatan tersebut, “Kegiatan ini diilakukan dengan tujuan menghilangkan faktor peluang dan pendorong pengkonsumsi narkoba oleh masyarakat. Misalny√† mulai kegiatan pembinaan penyebaran poster-poster sosialisasi sarasehan dan lain-lainnya. sedangkan pencegahan dilakukan mulai pengendalian dan pengawasan jalur resmi dan jalur peredaran gelap narkoba misalnya melakukan razia di tempat tempat yang di duga kuat menjadi sarang Narkoba,”tuturnya.

Lanjutnya, Pengawasan di Bandara dan lain lain. Namun demikian tidak represif penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang sudah terjadi juga tetap harus di galakkan. Penanggulangan tersebut tentu saja menjadi ketentuan masyarakat pula tindakan yang dapat dilakukan oleh
masyarakat untuk menghindari kontak dengan narkoba antara lain.

“Peningkatan keimanan terhadap tuhan yang Maha Esa mulai pendidikan dan pengamalan agama baik dalam keluarga lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Melakukan sosialisasi Undang-undang narkotika dan Fisikotropika serta peraturan lain yang sejenis. Melakukan penyuluhan penyuluhan mengenai bahaya narkoba dari sisi medis. Banyak melakukan kegiatan kegiatan positif sehingga akan mengurangi kesempatan untuk terpengaruh hal hal negatif dan terakhir memilih lingkungan pergaulan yang positif,”tutup Sahreza. (Red)